Jumat, 16 Januari 2009

Sangu

Pembaca yg budiman...
Sangu dalam bahasa Indonesia berarti uang saku. Atau bisa juga berarti sesuatu, baik barang atau uang yang dibawa untuk bekal sebelum kita pergi atau melakukan aktivitas tertentu.
saya jadi teringat saat saya masih SD dahulu, saya sering minta 'sangu' pada ibu saya. Walaupun pada kenyataannya saya jarang diberi sangu. Bukan berarti ibu saya pelit, tetapi ibu mendidik saya untuk tidak terbiasa jajan di luar, karena biasanya ibu sudah menyediakan sarapan sebelum berangkat sekolah.
Hm..kembali ke kata 'sangu' tadi. Mungkin ini penting artinya kalau kita memang sangat membutuhkannya. Contohnya karena suatu hal kiat tidak sarapan atau pas berolah raga, kita membutuhkan uang saku atau sangu tadi. Jadi sebenarnya sangu ini bisa jadi berarti buat jaga-jaga kalau kita ada apa-apa. Mungkin nilainya tidak seberapa, tapi toh dengan sangu, hati kita merasa lebih tenang. Paling tidak jika ada apa-apa kita bisa manfaatin.
Nah..berkaitan dengan sangu itu, saya ingin mengajak anda sekalian merenung barang sebentar, karena sebentar lagi kita akan bepergian ke negeri yg lain. Negeri apakah itu?
Kita di dunia pastinya sedang menunggu 'panggilan' itu. Panggilan yang tak kita ketahui pasti kapan datangnya, tapi pasti terjadi yaitu...mati.
Ya mati...sudah tentu kita akan memasuki yg sama sekali berbeda. Tapi masalahnya sudahkah kita punya 'sangu' untuk pergi ke alam itu? Bahkan kita belum tahu apa yg akan terjadi di negeri asing? Cukupkah sangu kita?
Banyak pertanyaan yang muncul. Bahkan kita kadang tidak sadar apakah sangu kita? Tentunya akan sangat klise sekali kalau saya jawab denga keimanan dan amal ibadah kita. Tapi semuanya berpulang pada diri kita..Apakah memang sudah cukup 'sangu' kita untuk menghadap-Nya?
Bukan hanya Anda, saat ini sayapun belum merasa cukup...marilah kita bersama-sama mencari 'sangu' itu, sebelum kita dipanggil menghadap-Nya.....

5 komentar:

  1. subhanallah...... jadi inget akan kedatangan hari itu :( jadi inget juga sama dosa-dosa yang makin tebal berkarat

    BalasHapus
  2. sangu itu bahasa indonesia atau jawa sih mas..??? salam kenal ah....

    BalasHapus
  3. hmm...jadi ingat mati..udah cukup belum ya....???

    BalasHapus
  4. Sanguku masih jauh dari cukup...hiks

    Salam kenal, thanks uda mampir..

    BalasHapus

Silakan berkomentar...dijamin demokratis!

mY WoRld © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute